Jumat, 19 Desember 2008

Indonesia kalah 0-1 dari thailand




Sebuah gol yang dicetak melalui sundulan Teerasil Dangda pada menit ketujuh babak pertama, menjadi penentu kemenangan Thailand 1-0 atas Indonesia dalam semi final pertama AFF Suzuki Cup 2008. Meski telah berjuang terus dengan menekan pertahanan Thailand hingga akhir pertandingan, Indonesia gagal menembusnya.

Kekalahan ini belumlah akhir dari perjuangan Ponaryo Astaman dkk dalam persaingan AFF Suzuki Cup 2008. Tim Merah-Putih masih memiliki peluang membalas kekalahan pada pertandingan semi final kedua yang berlangsung di Bangkok, Sabtu (20/12) mendatang.

Dalam pertandingan yang disaksikan oleh sekitar lima puluh ribu penonton tersebut, tim tamu memang bermain lebih efektif. Sebaliknya dengan Indonesia yang terlihat banyak melakukan kesalahan sendiri dan lemah dalam akurasi umpan.

Pelatih Benny Dolo melakukan perubahan dalam starting line up dengan memasukkan Irsyad Aras dan Nova Arianto. Ini merupakan debut perdana kedua pemain tersebut sebagai starter di timnas. Dua pemain yang harus duduk di bangku cadangan akibat masuknya Irsyad dan Nova adalah Arif Suyono dan Muhammad Robby.

Begitu pertandingan dimulai, Thailand langsung menekan pertahanan Indonesia. Sebuah sepak pojok di menit pertama sempat membuat gawang Indonesia terancam. Tekanan di awal pertandingan ini ternyata cukup membuat lini belakang Indonesia kalang kabut. Pada menit ketujuh, sundulan Teerasil Dangda memanfaatkan umpan crossing rekannya dari sisi kanan pertahanan Indonesia berhasil membuat Thailand unggul 1-0. Kiper Markus Harison tak bisa berbuat banyak karena sudah salah posisi.

Ketinggalan 1-0 di awal babak pertama membuat pemain Indonesia berusaha bangkir untuk menyamakan kedudukan. Sayang, berbagai usaha yang dilakukan para pemain selalu gagal akibat kurang tenang dan cermat dalam melakukan kerjasama. Janji pelatih Benny Dolo yang akan menyuguhkan permainan cepat, tidak berjalan denga baik. Hingga babak pertama, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Thailand.

Saat jeda pertandingan, Ketua Umum PSSI Nurdin Halid bersama beberapa anggota Exco PSSI turun dari Royal Box dan mendatangi ruang ganti pemain. Nurdin Halid memberikan motivasi dan membakar semangat juang para pemain.

Begitu pertandingan babak kedua dimulai, Indonesia berusaha menata permaian dengan lebih baik. Para pemain mulai bermain lebih tenang dengan permainan bola – bola pendek cepat. Hasilnya, beberapa kali usaha serangan berhasil menembus pertahanan Thailand. Namun, beberapa peluang yang tercipta tersbut masih sulit untuk diteruskan menjadi sebuah gol.

Tim Thailand hanya sesekali saja melancarkan serangan balik. Meski begitu, permainan satu dua para pemainnya cukup merepotkan pertahanan Indonesia. Beruntung, Markus harison tampil cukup gemilang dalam mementahakan serangan balik Thailand yang selalu berhasil menembus kotak penalti Indonesia. Perubahan sempat dilakukan oleh Benny Dolo untuk bisa mengubah jalannya pertandingan. Diantaranya adalah memasukkan TA Musafry menggantikan Bambang Pamungkas dan Arif Suyono menggantikan Irsyad Aras.

Masuknya kedua pemain tersebut sempat membuat serangan Indonesia lebih tajam. Namun, tetao tidak berhasil membobol gawang Thailand yang masih perawan dalam AFF Suzuki Cup 2008 ini. Hingga pertandingan berakhir, skor tetap tidak berubah 1-0 untuk kemenangan Thailand.

Setelah pertandingan ini, Indonesia hanya memiliki tiga hari waktu istirahat sebelum kembali bertemu Thailand pada hari Sabtu (20/12) di Bangkok, Thailand. Kemenangan di kandang Thailand harus diraih oleh Indonesia jika ingin lolos ke Grand final.

Untuk bisa ke final, Indonesia harus bisa menang dengan selisih dua gol. Kemenangan dengan selisih satu gol, berapapun skornya, akan membuat pertandingan dilanjutkan dengan extra time. Pasalnya, dalam turnamen AFF Suzuki Cup 2008 ini tidak diberlakukan away goal. Jika agregat menjadi imbang, langsung dilanjutkan dengan extra time. (asp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ISI yang penting - penting ajah