Jumat, 03 April 2009

Virus Pencuri Data "Conficker"

LONDON- Tepat April Mop kemarin (1/4/09), virus yang diberi nama Conficker diaktifkan. Para ahli khawatir, virus yang sudah menyerang sedikitnya 15 juta komputer di dunia -termasuk komputer di parlemen dan Kementerian Pertahanan Inggris- tersebut bisa digunakan untuk mencuri data bank, mengirim spam ke e-mail, atau merusak situs internet terkemuka. Caranya, memenuhi website dengan data dari seluruh komputer yang terinfeksi virus ke dalamnya.

''Conficker sudah diaktifkan. Tapi, belum ditemukan kerusakan serius,'' ujar Kepala Penasihat Pengamanan Jaringan F-Secure Patrik Runald. Menurut dia, pencipta Conficker, sepertinya, ingin menyerang saat semua perhatian tertuju pada virus tersebut.

Dia menilai, pencipta virus itu sangat cerdas. ''Virus tersebut sempurna. Tapi, mengapa virus tersebut diaktifkan tepat 1 April?'' tambah Runald.

Conficker sering disebut Downadup atau Kido. Virus tersebut mengeksploitasi kelemahan dalam software Microsoft Windows. Dia akan merusak komputer melalui internet sekaligus merusak fungsi memory card. (Sumber: Jawa Pos, 2 April 2009 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ISI yang penting - penting ajah